Kamis, 13 Oktober 2016

Timeline Media Sosial

 

Mari kita lihat karakteristik sebuah layanan untuk interaksi yang dapat dikategorikan media sosial [2]:

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial diantaranya :

1. Proyek kolaborasi

    Website mengizinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia.

 2. Blog dan microblog

    User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter.

 3. Konten

    Para user dari pengguna website ini saling meng-share konten–konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain–lain. contohnya youtube.

 4. Situs jejaring sosial

    Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto–foto. contoh facebook, instagram, path.

 5. Virtual game world

    Dunia virtual, di mana mengreplikasikan lingkungan 3D, di mana user bisa muncul dalam bentuk avatar–avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.

 6. Virtual social world

    Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.


Referensi :
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
[2] Kaplan, Andreas M. Michael Haenlein. 2010. "Users of the world, unite! The challenges
and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68
[3] Gamble, Teri and Michael. Communication works. Seventh edition. Published by
McGraw-Hill College, Boston, MA, 2002. ISBN 10: 0072478438 / ISBN 13:
9780072478433
[4] www.idfive.com



Timeline Media Sosial

Kamis, 13 Oktober 2016

Media Sosial edisi berlanjut More

Seminar Android

Senin, 18 Juli 2016

Seminar Edukasi Andorid More



© 2017 STMIK BANDUNG . All rights reserved.